Padang, Humas UIN IB 19/07/17

Memanfaat moment petemuan ulama se Asia dan Afrika di Kota Padang Tercinta, UIN Imam Bonjol Padang mengundang Syeikh “Abdullah Al_Mingkabu (Al-Minangkabawy), satu di antara cicit ulama dan Imam Besar Masjidil Haram, Syeikh Ahmad Khatib al-MInangkabawy keturunan Minangkabau, untuk memberikan kuliah umum kepada civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang, Rabu 19/07/17 di Kampus 3 Sungai Bangek kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Padang.

Hadir dalam acara tesebut Wakil Rektor bidang Kemahasiswan dan Kerjasama Dr.  Alkhendra,  M.Ag dan dekan dekan di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang. Acara yang lebih banyak dihadiri oleh mahasiwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tersebut berlangsung meriah dan mndapat tanggapan positif dr kalangan civitas akademika UIN IB,  terutama mahasiswa FEBI yang sudah mulai berkampus di Sungai Bangek sejak tahun ajaran 2016/2017.

Dalam paparannya syekh Abdullah al Minangkabawy menjelaskan bahwa kemajuan umat Islam dlm berbagai hal sesungguhnya banyak ditentukan oleh pengelolaan pendidikan di kalangan umat. Perpaduan keteguhan iman, akhlakulkatimah dan sains teknologi menjadi kunci untuk menentukan posisi umat dalam percaturan dunia.

Pentingnya pengelolaan pendidikan suda dicontohkan Rasulullah selama 22 tahun sejak kenabian beliau. Dalam masa yg cukup singkat itu Rasul meletakkan dasar dasar pendidikan yg demikian kuat, sehingga kelak berhasil menguasai peradaban dunia.

Selanjutnya Dr.  Abdullah menyatakan bahwa saat ini umat Islam paling sesentif terhadap issu issu keagamaan. Hanya saja tanggapan perlu dengan ilmu dan pendekatan yg logis. EN.