Padang, Humas UIN IB, 24/10/17

Dalam upaya meningkatkan wawasan mahasiswa tentang filologi, terutama naskah naskah kuno, Fakkultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Imam Bonjol melaksanakan Satidum General di aula H. Buya Mansur Dt. Nagari Basa, hari ini Selasa 24/10/17.

Dr. H. Firdaus, M.Ag, WD II FAH mengungkapkan dalamĀ  kegiatan tersebut fakultas sengaja mengundang Prof. Dr. Uli Kozok, guru besar Hawai University bidang Filologi. Dijelaskan bahwa Prof. Kozok adalah seorang ahli dan peneliti naskah naskah kuno, terutama di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Pada tahun 2007, ia juga pernah memberikan kuliah umum di IAIN Imam Bonjol yang saat ini sudah beralih status menjadi Universitas Imam Bonjol.

Rektor UIN IB Dr. H. Eka Putra Wirman, M.A, dalam sambutannya sebelum membuka stadium general tersebut menyatakan bahwa kegiatan kegiatan akademis semacam seminar dan kuliah umum menjadi satu di antara kegiatan lain yang menjadi titik fokus perhatian pimpinan untuk ditingkatkan. UIN IB sebagai sebuah univesitas Islam mesti meningkatkan kualitas dan kuantitas budaya akademis sebagai ciri dari perguruan tinggi yang berkualitas.

Lebih jauh Dr. Eka Putra Wirman menyampaikan harapannya akan dampak positif yang maksimal bisa diperoleh oleh mahasiswa lewat berbagai kegiatan dimaksud. Untuk itu para mahasiswa diminta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias dan semangat yang menunjukkan kehausan akan ilmu pengetahuan.

Dr. Firdaus WD 2 FAH menambahkan bahwa pemilihan kajian filologi sebagai matari stadium general terkait dengan program Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol untuk menjadikan bidang filologi sebagai distingsi FAH UIN IB dengan fakultas Adab yang terdapat pada perguruan tinggi Islam lainnya, baik yang terdapat di Sumatera Barat, maupun seluiruh Indonesia. EN.