Padang, Humas UIN IB 11/08/17

Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol  akan gelar Konferensi Internasional Keilmuan Syari’ah (1st Biennal Conference on Shari’a and Social Studies). Even akademik ini akan berlangsung di Hotel Pangeran Padang selama tiga hari (23-25/08).

Dr Nurus Salihin, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol mengatakan, even ini merupakan forum pengkajian wacana yang berkembangan dalam keilmuan syari’ah. “Untuk kalangan Fakultas Syari’ah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, ini even perdana, kita ingin kajian kepakaran bidang ilmu syari’ah terselenggara dengan baik dan berkesinambungan ” katanya.

“Dewasa  ini  diskusi mendalam dan serius terkait dengan hubungan antara keilmuan syari’ah dan sains di Indonesia sangat jarang terjadi. Andaipun ada tapi tampak sporadis, tidak terprogram dan tidak terencana” tukuknya.

Kegiatan ini akan dibagi dalam beberapa sesi, di antaranya Forum Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Syari’ah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang digelar pada hari pertama (23/08). Menurut Shalihin, forum ini akan membahas Kebijakan Strategis Pengembangan Fakultas Syari’ah, profil lulusan dan profil mahasiswa syari’ah.

Sesi penting lainnya adalah plenary session dan diskusi meja bundar (24/08) yang membahas paradigma keilmuan syari’ah secara filosofi dan epistemologi. Sesi ini mengadirkan pembicara pakar, di antaranya Prof, Dato’ Wira Jamin Bin Haji Osman (International Institut of Islamic Thought For South East Asia Social Justice/IIIT), Prof. Mohammad Kamali Hashim International Institute of Advanced Islamic Studies, Malaysia), Prof Heddy Shri Ahimsa Putra (UGM Yogyakarta), Prof. Arskal Salim (UIN Jakarta), Dr Aly Abdel Moneim (Maqashid Institute London, UK).

Bersamaan dengan even ini, panitia juga meberi kesempatan kepada peminat kajian syari’ah untuk mengirimkan artikel ilmiah. Tema artikel yang diminta panitia berkisar Peran Profetik Keimuan Syari’ah dalam membangun keadilan sosial. [MN]