Padang, Humas UINIB, 2-11/17

Guna meningkatkan kerjasama dengan pondok pesantren se-Sumatera Barat, Fakultas Ushuluddin dan Study Agama (FUSA) UIN IB Padang laksanakan Focus Group Discussion (FGD) di aula FUSA Kampus II Lubuk Lintah, Kamis, 2/11/17.

Dekan FUSA Dr. Widia Fitri, M. Hum saat ditemui Humas menyatakan ada sekitar 30 pondok pesantren yang beberapa tahun akademik belakangan sudah menjalin kerjasama dengn FUSA. Hari ini pimpinannya kita undang untuk membicarakan beberapa hal, diantaranya kaulitas input yang diharapkan oleh FUSA, alumni ponpes yang tengah menjalani study di FUSA dan jaringan alumni FUSA yang sekaligus alumni ponpes se-Sumatera Barat.

Menurut DR. Widia, setidaknya ada tiga point yang ingin dicapai oleh FUSA dalam FGD yang bertema “Harmonisasi Pondok Pesantren dengan FUSA UIN Imam Bonjol” ini. Pertama sosialisasi terhadap masyarakat, terutama lembaga pendidikan Islam, akan kekhawatiran sebagian umat akan terpinggirkannya ilmu ilmu agama (ulumuddin) pasca alih status dari IAIN menjadi UIN. Kedua masukan dari ponpes yang menjadi user sebahagian alumni FUSA. Ketiga membangun jaringan alumni FUSA yang alumni Ponpes agar bisa memberikan kontribusi kepada yuniornya,baik yang masih menjalani studi maupun yang baru menyelesaikan studi di FUSA.

Lebih jauh Dr. Widia menjelaskan bahwa tahun 2017, alumni FUSA yang berasal dari Ponpes sebahagian sudah membangun jaringan dan mampu mengumpulkan dana sebagai beasiswa untuk yunior mereka. Insyaallah desember nanti beasiswa tersebut akan dikucurkan kepada sekitar 30 orang mahasiswa FUSA yang berasal dari Ponpes.

WR III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN IB, Dr. Ikhwn, M.Hum yang mewakili Rektor, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatanyang dilaksanakan FUSA dengan stakeholder seperti Ponpes. Ponpes adlah penginput untuk UIN IB, namun juga sebagai user sebagaian alumni UIN IB. Artinya ada proses take and give antara UIN IB dengan Ponpes.

DR. Ikhwan berharap, kelanjutan kerjasama ini nantiknya bisa berwujud adanya pesantren binaan UIN Imam Bonjol yang diprakarsai oleh FUSA. Sehingga kerjasama ini tidak hanya berupaya meningkatkan kualitas lulusan Ponpes, tetapi sekaligus menjamin keberlangsungan suatu beberapa prodi atau jurusan yang setiap tahun semestinya calon mahasiswanya sebagian besar dipasok oleh Ponpes. EN.

FGD FUSA tersebut juga dihadiri oleh Kasi Pontren Kanwil Kemenag Sumatera Barat,beberapa orang guru besar dan dosen senior FUSA.