Diberitahukan kepada seluruh alumni IAIN Imam Bonjol tahun masuk dari 2009 sampai sekarang yang belum pernah mendaftarkan diri untuk pendataan pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) DIKTI bahwa pendaftaran bisa dilakukan melalui email tanpa harus datang lagi ke kampus. Sedangkan untuk alumni dengan tahun masuk dibawah tahun 2009 dapat mengurus surat keterangan alumni. Alamat email penerima berkas pendataan pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) DIKTI adalah pustipanda@iainimambonjol.ac.id
Adapaun berkas yang harus dikirimkan terdiri dari pindaian blanko pendaftaran yang sudah di isi dengan data lengkap dan di tanda tangani, pindaian transkrip nilai asli dan pindaian ijazah asli. Ketiga file tersebut dikompresi dan diberi nama sesuai nama pendaftar.

Blanko pendaftaran bisa di download pada link berikut ini. Ketiga file tersebut dikompresi kedalam satu file zip dan diberi nama sesusuai dengan pendaftar,kemudian dikirim dalam bentuk lampiran dengan subjek yang berisi nama pendaftar. Berkas yang telah di proses akan mendapatakan email balasan. Untuk lebih lengkapnya bisa melihat video dibawah ini.

Untuk diketahui dan dipahami bersama bahwa hanya berkas yang sesuai dengan ketentuan yang akan kami proses. Jika alumni mengalami kesulitan dalam pengiriman berkas pendaftaran maka dengan senang hati kami akan memberikan bantuan. Silahkan kirim email ke help@iainimambonjol.ac.id dengan subjek Bantuan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapakan terimakasih(TIPD UINIB).

NB:
Untuk pengisian NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang terdapat pada form pengisian data, maka dapat melihat di  ijazah SLTA sederajat atau dapat mengakses laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id/ dengan memilih menu Data Siswa, kemudian pilih Pencarian Berdasarkan Nama.

Pihak kampus melalui TIPD akan memproses dan mengajukan setiap berkas Pelaporan PDPT alumni yang telah memenuhi syarat ke PDPT DIKTI. Untuk proses berikutnya data yang diajukan akan diproses oleh pihak PDPT DIKTI, dan jika sudah disetujui maka data alumni akan bisa dilihat pada situs forlap.dikti.go.id