Padang, Humas UIN IB, 22/08/17

Rektor UIN Imam Bonjol Padang Dr. Eka Putra Wirman, MA membuka kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) mahasiswa baru UIN Imam Bonjol Padang tahun ajaran 2017/019, Senin 21/08/17 di Gedung Serbaguna kampus II Lubuk Lintah.

Di hadapan 3367 peserta PBAK dari 6 fakultas 26 jurusan dan prodi tersebut, Dr. Eka Putra menyatakan bahwa PBAK merupakan wadah back mahasiswa baru untuk mengenal budaya akademik dan lingkungan kampus. Lingkungan pembelajaran dan pendidikan yang jelas berbeda dengan budaya lingkungan lembaga pendidikan sebelumnya. Karena itu Rektor mengharapkan seluruh peserta untuk mngikuti semua rangkaian kegiatan PBAK yang berlangsung sampai Rabu, 23/08/17.

Disebutkan bahwa peserta PBAK adalah orang orang pilihan. Orang yang lulus seleksi dan terpilih dari lebih 6.000 orang peminat UIN IB tahun ajaran 2017/2018. Karena itu mereka harus bangga dan percaya diri menyandang status sebagai mahasiswa UIN IB. IAIN IB sudah beralih status dari institut menjadi universitas. Selevel dengan universitas lain yang berada di Sumatra Barat, Sumatera dan Indonesia.

Di dalam gedung yang dipenuhi wajah wajah penuh semangat dengan pakaian putih dan hitam itu, Rektor juga menyampaikan bahwa manyadari bahwa input mahasiswa UIN IB seKITAR 21%  berasal dari SLTA, bukan lulusan pesantren dan pesantren, maka selain dari akhlakulkatimah, di sisi keagamaan mahasiswa UIN IB mesti memiliki tiga kemampuan dasar. Pertama fasih membaca al-Qur’an, mampu menyelenggarakan jenazah dan kemudian pandai berdakwah. Ketiga indikator kemampuan dasar itu harus sudah dimiliki oleh seluruh mahasiswa minimal ketika sudah menginjak semester tiga.

Pembukaan PBAK UIN Imam Bonjol yang semula direncanakan di lapangan parkir kampus II Lubuk Lintah kemudian dipindahkan ke gedung Serbaguna karena hujan, secara serimonialditandai dengan pengalungan kokarde (tanda peserta) oleh Rektor kepada dua perwakilan perserta, pria dan wanita. EN