Sejarah UIN Imam Bonjol Padang



MAAF WEB TIDAK AMAN SILAHKAN PERBAIKI PAK 085274304352 SQL INJEKSI VULN

Perguruan Tinggi Islam di Sumatera Barat sebelum IAIN Imam Bonjol Padang

Untuk mhs yang tidak memiliki data di Master Table

Dalam beberapatahun kemudian, fakultas IAIN Imam Bonjol bertambah dengan berdidirinya Fakultas Tarbiyah tahun 1968 dan Fakultas Ishuluddin tahun 1970 di Padang Sidempuan Sumatera Utara sebagai cabang IAIN Imam Bonjol, Fakultas Dakwah tahun 1968 di Solok, dan Fakultas Tarbiyah tahun 1971 di Batusangkar. Pada tahun 1973 kedua fakultas cabang di Padang Sidempuan bergabung dengan IAIN Sumatera Utara (Sekarang UIN SU).

Sejak tahun 1976 lima fakultas (Adab, Dakwah, Syariah, Tarbiah, Ushuluddin) dipusatkan dipadan, sebagai ibukota propinsi Sumatera Barat. Sementara itu, keberadaab Fakultas Syariah di Bukittinggi dan Fakultas Tarbiyah di Batusangkar masih mempertahankan sabagai fakultas cabang. Sejak tahun 1977, pemerintah menerapkan kebijakan untuk melepaskan semua falkultas-fakultas cabang dari IAINn dan mejadikannya Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, sehoingga berdirilah 33 STAN di Indonesia ( sebagaian sudah berubah status menjadi IAIN), termasuk IAIN Bukittinggi dan IAIN batusangkar yang merupakan bekas fakultas cabang IAIn Imam Bonjol Padang.

Pada tahun 2015 IAIN Imam Nonjol mendirikan fakultas  keenam, yakni Fakulltas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Saat ini IAIN Imam Bonjol Padang sudah beralih status menjadi UIN Imam Bonjol Padang.