Padang, Humas 16/06/17.

Unit Pengelola Zakat Uin Imam Bonjol Padang bagikan zakat mall muzakki kepada para mustahik di lingkungan UIN IB, Jum’at 16/06/17. Sebanyak 70 orang mustahik dihadirkan di Aula Buya Masyur Datuak Nagari Basa kampus II Lubuk Lintah untuk menerima zakat yang diserahkan secara simbolis oleh ketua UPZ UIN IB Drs. H. Adityawarman dan Wakil Rektor Bidang Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Firdaus, M.Ag.

Ketua UPZ UIN Imam Bonjol Drs. H. Adityawarman, M.Ag dalam sambutannya menyatakan bahwa UPZ dalam hal ini adalah wadah atau media yang diamanahi tugas untuk mendistribusikan zakat para muzakki sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam agama Islam. Di ketahui bahwa di lingkungan UIN Imam Bonjol di antara pegawai dan petugas lainnya yang mustahik. Seperti sopir, pegawai sukarela, penjaga asrama, satptam dan pegawai BLU. Oleh karena itu sebanyak 70 orang yang sengaja diundang untuk menerima zakat mal para muzakki adalah saudara seagama yang oleh pengurus berdasarkan berbagai informasi dipandang berhak menerima zakat tersebut.

Dr. Firdaus, M.Ag Wakil Rektor Bidang Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Firdaus, M.Ag hadir memberikan sambutan dan menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan mustahik. Dalam sambutan yang juga sekaligus taushiyahnya, Dr. Firdaus menyatakan pendistribusian zakat tersebut di samping penunaian amanah dari muzakki, juga merupakan bentuk kepedulian pimpinan UIN Imam Bonjol terhadap bawahan. Apalagi mengingat sebentar lagi lebaran hari raya idul fitri. Diharapkan zakat diterima dapat membantu memenuhi kebutuhan menyambut hari raya idul fitri yang beriringan dengan tahun ajaran baru kalender pendidikan.
Dr. Firdaus juga mengungkapkan bahwa di samping zakat mall yang diterima oleh “pegawai” UIN IB yang dianggap mustahik, pimpinan UIN Imam Bonjol juga sudah menganggarkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk tenaga keamanan, tenaga kebersihan, pegawai BLU dan juga tenaga sukarela. THR tersebut akan langsung masuk ke rekening masing-masing sebelum hari raya idhul fitri. Informasi yang diperoleh Humas, besaran THR yang bakal mereka terima adalah sejumlah gaji bulanan masing-masing. Humas-EN.