Rektor Himbau Civitas Akademika UIN IB Putus Rantai Penyebaran Covid19

HumasUINIB, 23/03/20. Penyebaran virus corona (covid19) sampai hari ini masih terus menjadi ancaman keselamatan manusia. Dari berbagai sumber informasi yang dapat dipercaya, diketahui secara global dari 169 negara (termasuk Indonesia) yang terdampak, 335.409 orang dipastikan terkena virus. Sebanyak 4.611 di antaranya sudah meninggal dunia, sedangkan yang sudah dinyatakan sembuh 97.636 orang. Sementara di Indonesia, per 23 Maret 2020 dini hari, tercatat 514 kasus, 48 orang diantaranya meninggal dan 29 sembuh. Khusus untuk Indonesianya grafik kasus dan korban masih terus meningkat.

Menyikapi kondisi tersebut, sekalipun di daerah Sumatera Barat, khususnya kota Padang belum ada info resmi yang memastikan ada kasus positif, untuk UIN Imam Bonjol Padang seluruh gedung dan juga mesjid yang terletak di kampus II Jl. Mahmud Yunus Lubuk Lintah sudah dilakukan penyemprotan disinfectan. Penyemprotan dilakukan oleh petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kota Padang pada hari Jum’at 20/03/20.

Beberapa hari sebelumnya (sebagaiamana sudah diberitakan) rektor sudah mengeluarkan kebijakan terkait dengan aktifitas akademik dan layanan publik. Di antaranya KBM dialihkan melalui media online, sebagian karyawan melaksanakan tugas-tugas perkantoran dari rumah masiang-masing.

Lebih lanjut Rektor melalui Humas memberikan himbauan kepada civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang untuk :

  1. Perbanyak aktiftas di rumah (terutama tugas-tugas kantor yang bisa dilakukan dari rumah)
  2. Pakai masker jika keluar rumah dan di kantor, sekaligus menjaga jarak fisik antar sesama (minimal 1 meter)
  3. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan ;
    • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir (tajdid al-wudhu)
    • Mencuci/melap dengan menggunakan dg sabun/sanitizer/alkohol dan benda2 yg dipegang orang lain (meja, kursi, gagang pintu, pintu, komputer, pegangan tangga, stir mobil, gagang pintu mobil dll). Diingatkan CS untuk rutin melakukan ini.
    • Peralatan olahraga dengan alat yg berpindah2 tangan spt bet pingpong, agar cuci tangan pakai sabun. Main pingpong untuk satu meja hanya dua orang.
  4. Sopir-sopir tdk dibenarkan duduk2 bersama-sama di lokasi manapun di kampus. Putus mata rantai penyebaran covid 19 dg memutus kumpul2 antar manusia.
  5. Untuk sementara tidak bersentuhan (bersalaman/berdekatan fisik) dengan ;
    • Orang-orang yang dinyatakan sebagai PDP.
    • Orang-orang ODP (yang baru kembali dari luar negeri, daerah terjangkit Covid19)
    • Orang-orang yang patut diduga sebagai ODP (orang yang baru kembali bandara, mall, bioskop, club malam, hotel, dll.
  6. Siapapun harus standby jika dipanggil ke kampus. Karena prinsipnya semua bekerja seperti biasa, hanya tempatnya dipindahkan ke rumah (WFH).

(EN/G3)

About Author

YouTube
Instagram
WhatsApp