Workshop Penulisan Proposal Penelitian: Kopertais Wilyah VI Dorong Penguatan Dosen PTKIS

Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Kopertais Wilayah VI) Sumatera Barat menggelar penguatan kompetensi dosen Peguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Sumatera Barat di Aula Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Kamis (1/12/2022).

Penguatan kompetensi dosen yang digelar dititikberatkan pada penulisan proposal penelitian. Sekretaris Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat, M. Fadli, S.Sos,M.I.Kom. Dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan proposal penelitian yang siap bersaing dalam berbagai hibah kompetitif baik di Kementerian Agama maupun dengan skema pendanaan lainnya.

Selanjutnya, ia mengharapkan terjadi kolaborasi penelitian interdisipliner dan lintas perguruan tinggi. Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang peserta dari 24 Peguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta tersebut digelar satu hari dengan para pemateri: Dr. Firdaus, M.Si menguraikan mengenai Research Design, Dr. Ardoni, M.Si menjelaskan mengenai Akses Sumber Informasi Ilmiah dan Etika Penulisan, dan Dr. Mahyudin Ritonga, klinik bedah proposal.

Koordinator Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati mendorong akselerasi perkembangan PTKIS unggul di wilayah kerjanya. Poin penting dalam menghasilkan publikasi yang berkualitas berawal dari riset yang berkualitas, dengan memperhatikan novelty, dan kebergunaan riset tersebut.

Masing-masing peserta telah menyiapkan draft proposal penelitiannya. Sehingga pasca dari workshop proposal yang siap diikutkan dalam hibah bersaing telah dirampungkan. Disamping itu, Kopertais wilayah VI mendorong untuk diselenggarakan seminar hasil-hasil riset dosen PTKIS dalam kemasan seminar internasional, dan nasional.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Koordinator Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat, Dr. Zainal, M.Ag., Ketua Forum Komunikasi Pimpinan. PTKIS se Sumatera Barat, Syarifatul Hayati,Lc., MA. Para Ketua PTKIS dan tim Kopertais wilayah VI Sumatera Barat.

About Author

YouTube
Instagram
WhatsApp