20 Mahasiswa UIN Imam Bonjol Siap Berangkat ke Turkiye dan Australia untuk Program Student Mobility

Program Student Mobility ini merupakan bagian dari upaya UIN Imam Bonjol Padang untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing global. Dengan persiapan yang matang, diharapkan para mahasiswa dapat menjalani program ini dengan baik dan sukses

8 Juli 2024 – Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang tengah mempersiapkan pembekalan sejumlah mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam program Student Mobility 2024, yang berlangsung selama lima hari, 08 – 13 Juli 2024 di ruang Teleconference Gedung Perpustakaan. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar di luar negeri, memperluas wawasan akademik, serta meningkatkan kemampuan interkultural para mahasiswa

Sebanyak 20 mahasiswa terpilih dari berbagai fakultas akan diberangkatkan ke negara Turki dan Australia. Mereka akan mengikuti kegiatan short courses di universitas-universitas ternama di negara-negara tersebut. Persiapan yang dilakukan meliputi pelatihan bahasa asing, pembekalan budaya, dan sesi orientasi akademik.

Dalam sambutan Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Martin Kusti mengilustrasikan pencapaian tersebut dengan perumpamaan 20 mahasiswa menarik tongkat dari dalam kantong plastik. Martin menekankan pentingnya bersyukur atas kesempatan untuk belajar di luar negeri selama 10 hari, yang merupakan pengalaman berharga dan langka, karena itu, peserta diharapkan untuk disiplin dan menjaga sikap serta perilaku, khususnya ketika berada di negara lain.

“Ketika kita bersyukur, kita menikmati setiap prosesnya,” ujarnya, Martin juga mengajak para mahasiswa untuk siap menulis pengalaman mereka setelah kembali ke tanah air. Dengan penuh antusias, Martin mengucapkan selamat kepada para peserta atas partisipasi mereka dalam program ini dan berharap acara ini berjalan dengan sukses.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Welhendri Azwar, Ph. D mengatakan program ini sudah dari tahun lalu direncanakan namun ada kendala sehingga belum bisa dilaksanakan.

Welhendri juga menegaskan kegiatan ini digelar guna membuat peningkatan terhadap akreditasi kampus, yang merupakan peluang emas bagi peserta. Welendri juga meminta agar peserta memanfaatkan peluang ini semaksimal mungkin, sehingga memberikan masa depan yang baik bagi kampus dan mahasiswa tentunya.

Dengan adanya program ini UIN Imam Bonjol Padang berharap dapat terus mencetak lulusan -lulusan yang yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki wawasan global dan siap bersaing di era globalisasi

Kontributor : AAS, YZS

About Author