Setelah PBAK, Lanjut ke SeIBa International Festival

PADANG — SeIBa International Festival (SIF) 2024 Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang digelar 24-29 September 2024. Event bergengsi ini akan diikuti tiga negara tetangga dan 24 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Kemenag R.I.

“Sudah 24 PTKIN yang mengabarkan ingin ikut, termasuk dari Papua dan Aceh,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Welhendri Azwar, S.Ag, M.Si, Ph.D, Selasa (27/8).

Memasuki tahun kedua, SIF 2024 tidak hanya ajang pertunjukan seni namun juga ada beberapa yang dilombakan. “Setelah menggelar berbagai rapat, kita mencari format yang dibutuhkan peserta dari luar dan dalam negeri. Beberapa cabang akan diperlombakan, seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Tahun lalu, ini tidak diagendakan karena fokus pada seni dan akademik,” papar Welhendri.

Seni pertunjukan seperti tari daerah, tari kontemporer, solo song lagu daerah dan kontemporer, baca puisi, musikalisasi puisi, monolog, akan hadir di ajang ini. Seperti tahun lalu, call paper yang melibatkan mahasiswa juga tetap digelar dengan tema seputar kebudayaan daerah selingkup budaya melayu kontemporer.

Ketua Panitia Penyelenggara SIF 2024, Dr. Davy Hendri, M.Si mengungkapkan, rancangan tahun ini juga menyiapkan olahraga terpilih, Panahan dan Catur. “Selain itu kita akan memberikan waktu untuk traveling ke situs budaya sebagaimana tahun lalu,” ujar Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) ini.

Diperkirakan Davi, ajang ini akan melibatkan secara total 500 orang dari peserta dan belum termasuk panitia. “Karena kita juga menawarkan kepesertaan dosen untuk ambil bagian sebagai visiting lecturer, dimana peserta didiknya international,” ujar Davi.

Informasi lengkap event disediakan di website https://seiba-fest.uinib.ac.id/ dan bisa ditanyakan langsung ke melalui contact person yang disediakan. “Base on kegiatan ini adalah festival, merayakan kekayaan kebudayaan dan mengkaji kebudayaan melalui perspektf agama. Dimana, Islam telah melahirkan budaya dan peradaban tersendiri di Asia Tenggara,” ujarnya.

UIN Imam Bonjol Padang, baru saja menggelar Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) 2024 terhadap mahasiswa baru satu minggu lalu. Kini kembali fokus untuk ivent akbar international, untuk mengukir prestasi dan prestise kampus. [AK]

About Author