Upacara Hari Kesaktian Pancasila di UIN Imam Bonjol: Penguatan Nilai Persatuan di Tengah Tantangan Global

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang beserta seluruh civitas akademika melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Selasa (01/10). Acara ini digelar di lapangan parkir Gedung Rektorat, Kampus 3, Sungai Bangek.

Upacara dimulai pukul 07.30 WIB dengan dihadiri oleh seluruh civitas akademika dari seluruh fakultas dilingkungan UIN Imam Bonjol. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Yasrul Huda, M.A yang bertindak sebagai inspektur upacara, dalam sambutannya menegaskan pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila di tengah dinamika sosial dan tantangan global yang semakin kompleks.

“Pancasila adalah pedoman hidup bangsa yang harus terus kita pegang teguh. Sebagai akademisi, kita memiliki tanggung jawab moral untuk tidak hanya memahami Pancasila, tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan.

Upacara ini berlangsung khidmat, dengan rangkaian acara termasuk pembacaan teks Pancasila oleh pembina upacara,pembacaan teks pembukaan UUD 1945. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan do’a dan foto Bersama.

Dengan terselenggaranya upacara ini, Dr. Yasrul Huda, M.A kembali menegaskan komitmennya untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman.
Pancasila adalah salah satu capain dalam negara yang terpenting,suatu kesaktian pancasila dan rahmat dari allah yang harus kita syukuri dengan menjadikan warga kita adil sejahtera.

(DM / Foto YZS)

About Author