REPORTASE 19 September 2024

Pada hari ini Rabu 19 september, tim KKN Internasional UINIB yang terdiri dari 7 mahasiswa yaitu: M. Syahrul Ridha Nasution, Raffi Rafsandani, Aulia Mujki, Aminatul Hasanah, Nurwidad Bariā€™ah, Fitriyani, Loli Putri D. Sinaga dengan pembimbing yaitu Ibu Hulwati, Pak Alfred dan Pak Herman melanjutkan perjalanan menuju Brunei Darussalam setelah semalaman transit di Bandara KLIA2 Malaysia.
Mulai jam 03:00 dini hari waktu Malaysia, tim KKN Internasional UINIB sudah bersiap dan bergegas untuk persiapan check-in dan boardingpass. Tepat di jam 06:25 pesawat take off dari Bandara KLIA2 meninggalkan negara Malaysia. Perjalan menuju Bandara Bandar Seri Bagawan memakan waktu 2 jam 50 menit.

Tim KKN Internional UINIB tiba di Bandara Bandar Seri Bagawan sekitar jam 10 dan disambut langsung oleh perwakilan UNISSA dengan hangat. Setelah berbincang dengan perwakilan UNISSA, tim KKN Internasional UINIB melanjutkan perjalanan menuju asrama UNISSA sebagai tempat tinggal selama 14 hari di Brunei nantniya.

ā€œSelamat datang kami ucapkan kepada teman-teman dari UIN Imam Bonjol Padang, dan selamat datang di Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darusaalam, perkenalkan saya hakim merupakan kepala asrama UNISSA, kalau ada butuh apapun bisa hubungi saya atau rekan saya selama menginap di asrama iniā€ sambutan hangat dari kepala asrama kepada tim KKN Internasional UINIB setibanya di asrama. Setelah diberi beberapa arahan oleh kepala asrama, tim KKN Internasional UINIB diantar menuju kamar masing-masing untuk beristirahat.

Setelah makan siang dan shalat dzhuhur, agenda kegiatan siang ini adalah mengunjungi tempat-tempat menarik dari Brunei, dilanjutkan dengan shalat ashar di masjid kubah emas dan ditutup dengan kulineran di Pasar Gadang yang sangat populer di Brunei Darussalam. Kegiatan ini dipandu oleh perwakilan UNISSA dan dilakukan bersama dengan tim KKN Internasional dari UIN Sunan Ampel Surabaya yang juga melakukan KKN di UNISSA.

Kegiatan hari ini yang cukup padat dan sangat menyenangkan ditutup dengan melakukan rapat evaluasi dan agenda hari esok untuk membahas kelanjutan projek kolaborasi tim KKN Internasional UINIB dengan mahasiswa UNISSA.

Author: M. Syahrul Ridha Nasution

About Author