Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah, UIN Imam Bonjol Padang Komitmen Membangun Sumber Daya Manusia Saleh, Moderat, Cerdas dan Unggul

Senin, 27 Maret 2023 Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat V yang dipimpin oleh Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang menyambangi Majid Nurul Huda Durian Tarung Lubuk Gadang, Kabupaten Solok Selatan – Sumatera Barat yang diterima langsung oleh Bupati Solok Selatan H. Khairunnas, S.I.P., M.Si., dan Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan Zigo Rolanda beserta sejumlah Pimpinan OPD, dan tokoh masyarakat.

Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, yang diwakili Dr. Andri Ashadi, M.Ag Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang menyampaikan Visi dan Misi Pemerintah Sumatera Barat tahun 2021 – 2026 yaitu mewujudkan Sumatera Barat yang madani unggul dan bekelanjutan , “Pembangunan sumber daya manusia merupakan titik tolak dari pembangunan Sumbar Madani dengan jalan membangun manusia yang berakhlak mulia, sehat, berpengetahuan dan berdaya saing” jelasnya.

Gayung bersambut, harapan tersebut disambut baik oleh Bupati Solok Selatan Khairunnas. Pada saat ini terdapat sebanyak 279 rumah tahfidz, dengan rincian 175 rumah tahfidz didirikan Pemkab Solsel dan rumah tahfidz mandiri sebanyak 104 dengan jumlah yang sudah menamatkan pendidikan agama ini sebanyak 9.500 pertahunnya.

UIN Imam Bonjol Padang sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam dengan program tri dharma perguruan tinggi dapat melahirkan pendidikan/pelatihan dengan domain: Guru TPQ/MDTA, Imam Masjid, Pengurus Organisasi Keagamaan, Remaja Masjid, Pelatihan Praktek Ibadah, Hafizd, dll.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama ini menyampaikan berbagai program studi dan Fakultas yang tedapat di UIN Imam Bonjol padang beserta jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2023. Disamping itu, tak lupa berbagai program beasiswa dari Kementerian Agama Republik Indonesia seperti Kartu Indonesia Pintar, Tahfidz, dan Peningkatan Prestasi Akademik juga dapat diperoleh oleh para calon mahasiswa dari Solok Selatan.

Tampak hadir Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat V Muhamamad Fadli, S.Sos., M.I.Kom Sekretaris Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat, Afdalisma, S.H., M.Pd Kepala LLDIKTI, Ria Wijayanty, ST., M.Si Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumatera Barat, dan sejumlah OPD di lingkungan Provinsi Sumatera Barat.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyerahkan bantuan untuk Pembangunan Masjid senilai Rp 50.000.000 pada pengurus Masjid Nurul Huda Lubuak Gadang Solok Selatan

About Author

YouTube
Instagram
WhatsApp