Tracer Study Kunci Akreditasi Unggul

PADANG — Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang tahun ini bergiat untuk melakukan penelusuran terhadap alumni (tracer study), sebagai syarat penting untuk akreditasi unggul. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara masif oleh seluruh Program Studi, dikomandoi Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir (UPT PKK).

“Tracer study sangat penting. Melihat dan mengevaluasi lembaga. Bagaimana di lapangan, di dunia kerja, para alumni bekerja maupun melanjutkan studi. Sebab itula, kita harus serius melakukannya. Di tangan ketua dan sekretaris Prodi, semua ini diamanatkan. Bersama-sama kita mengerjakannya,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik, Yasrul Huda, Ph.D didampingi Wakil Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Welhendri Azwar, S.Ag, M.Si, Ph.D, dalam rapat digelar bersama ketua dan sekretaris Prodi, di Gedung J Kampus SeIBa, Senin (22/1).

Welhendri Azwar mengharapkan kegiatan ini sukses bagi seluruh Prodi, tidak ada yang abai. Sebab sudah disiapkan intrumen melalui website. Tidak ada alasan lagi, tidak dapat mencari alumni yang sudah tamat di tiga tahun terakhir.

“Pada dasarnya, mencapai akreditasi unggul itu semua bisa. Asalkan tertib administrasi dan mau bekerja sama. Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, menyiapkan tracer study, berbagai kegiatan unggul, bahkan tingkat internasional bagi mahasiswa maupun dosen, tim Prodi harus aktif untuk itu,” jelas Welhendri.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kewirausahaan dan Karier (PKK) Mahasiswa, Wimbakhtiar Nur, MA mengutarakan, tujuan dari Tracer Study ini adalah bagaimana menjadikan perguruan tinnggi ini menjadi terakreditasi unggul. “Alumni mesti terdata dengan baik, di mana mereka berada, bagaimana cara mereka mencari pekerjaan, bagaimana suasana di tempat kerja dan lain sebagainya,” ungkap Win.

Tracer Study adalah study mengenal lulusan lembaga penyelenggara pendidikan perguruan tinggi, dan hasilnya dapat menjadi acuan untuk menilai kualitas dan mutu pendidikan. Data yang dioperoleh dari tracer study secara umum berisi informasi penting seperti kondisi dan profesi alumni, kompetensi dan kesesuaian mereka terhadap dunia kerja tentunya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekjen PP Iluni UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Abdulallah Khusairi, MA, yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan III FDIK dan Wakil Dekan III se-UIN IB Padang, Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama (AAKK), H. Hendri, MM, Kepala Humas, Drs. Mardius, MM, serta Tim Teknologi Informasi Pusat Pangkalan Data (TIPD). []

About Author