Reportase 27 September 2024 Brunei Darussalam

Jum’at, 27 September 2024 Hari adalah jadwal istirahat bagi Mahasiswa KKN Internasional UIN IB karena hari libur. Selain hari Ahad (Minggu), hari Jum’at adalah aktiviti bebas atau hari libur di kalender Brunei. Sedikit berbeda dengan Indonesia dimana semua orang masih beraktifitas dan produktif di hari Jum’at.

Hari Jum’at di Brunei Darussalam menjadi libur karena  merupakan aturan resmi dari negara. Khusunya di sekolah, kampus, perkantoran dll. Itu semua dilakukan agar para warganya (terutama yang beragama Islam) bisa menunaikan shalat Jumat dengan tenang. Masih ada yang beroperasi seperti toko-toko, mall dan pusat perbelanjaan, namun ada jam istirahatnya yaitu pukul 11.00 – 14.00 BNT.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN bisa memanfaatkan pagi hari ini untuk melakukan berbagai hal seperti membersihkan kamar, mencuci pakaian, refreshing dan quality time sejenak.

Kemudian bagi Mahasiswa laki-laki juga akan melaksanakan sholat Jum’at di Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah yang tak jauh dari Hostel UNISSA. Mahasiswa KKN UIN IB pergi menggunakan bus bersama Mahasiswa UNISSA sebagaimana alat transportasi yang disediakan kampus untuk ke Masjid. Tampilan luar Masjid yang megah dengan kubah emasnya dan tampilan di dalam yang nyaman membuat sholat Jum’at disini terasa spesial.

Setelah sholat Jum’at Mahasiswa KKN UIN IB akan melakukan interview atau sharing session dengan salah satu anggota Majlis Perwakilan pelajar (MPP) UNISSA yaitu Mohammad Aiman Daniel mengenai ‘Tradisi Islam di Brunei’ yang mana ini merupakan salah satu projek dari Mahasiswa  KKN UIN IB. Tujuan dari projek ini untuk sharing pengetahuan dan hasilnya akan dijadikan sebuah karya ilmiah.

Setelah sharing banyak dengan Bang Aiman, Mahasiswa KKN Internasional UIN IB Padang pergi menuju Mall Gadong untuk pergi makan. Seperti biasa kami menyempatkan rapat evaluasi setelah makan yang berisikan seperti kedisiplinan, prepare untuk hari esok dan juga menjaga kesehatan.

Tidak lupa juga mulai membeli oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di Indonesia. Mengingat waktu pulang ke Padang tinggal 4 hari lagi. Selesai berbelanja kami langsung kembali ke Hostel untuk beristirahat.

Author: Raffi Rafsandani

About Author