Reportase 28 September 2024 KKN Brunei Darussalam

Hari ini, sabtu 28 September 2024 merupakan hari terakhir KKN Internasional Brunei melakukan tugasnya untuk berkunjung ke Pusat Bahagia yang ada di Brunai, pada pukul 07:30 mahasiswa KKN Internasional Brunei Berkumpul di Blok C untuk menunggu BUS Sewa yang biasa mengantar para mahasiswa KKN Internasional saat berkunjung keberapa tempat di Pusat Bahagia yang ada di Brunei.

Pusat Bahagia merupakan sebuah tempat sekolah atau pelatihan bagi orang orang yang berkebutuhan khusus seperti tuna netra, tuna rungu, dan yang lain sebagainya. Jadi, di pusat bahagia inilah mereka diberikan pelatihan khusus agar bisa bertahan hidup seperti mana mestinya.

Setelah menunggu beberapa menit BUS pun tiba dan para mahasiswa kkn internasional brunei UIN IB Padang dan bersama mahasiswa UINSA Surabaya pun berangkat menuju Pusat Bahagia Brunei Muara. Pas di pukul 08:30, hari ini sangat cerah dan mahasiswa KKN Internasional Brunei sangat menikmati perjalanan menuju pusat bahagia brunei muara yang tidak jauh dari penginapan.

Setiba di pusat bahagia muara mahasiswa KKN Internasional Brunei UIN IB disambut oleh ceggu pusat bahagia muara yang ada, pertama mahasiswa UIN IB dipersilahkan memasuki office tempat akan dilakukan pelatihan. Tenyata hari ini mahasiswa KKN Internasional Brunei UIN IB belajar mengatasi dan bagaimana menjadi orang yang tuna netra. Untuk yang pertama Mahasiswa KKN Brunei UIN IB di pandu oleh bapak Mohammad Jimari yang merupakan seorang tuna netra dan pengajar tuna netra di pusat bahagia brunei temburong.

Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā  Mahasiswa KKN Internasional Brunei UIN IB beserta mahasiswa UINSA Surabaya diberikan arahan bagaimana cara menggunakan tongkat untuk orang buta, bagaimana cara berjalan baik naik tangga maupun buka pintu semuanya di ajarkan, dan juga di ajarkan bagaimana menuntun orang buta. Selama belajar mahasiswa Ā juga melakukan peraktek berjalan tutup mata dengan menggunakan tongkat dan juga belajar menjadi pemandu bagi tuna netra yang baik dan benar.

Selain belajar sebagai tuna netra kami juga di perkenalkan beberapa alat music yang ada di pusat bahagia muara seperti gambar diatas yaitu biasa di sebut dalam bahasa brunei ā€œGulingtanganā€ merupakan alat music tradisional brunei dan juga ada alat musik seperti gitar, alat bend dan juga alat music lainnya yang bisa Mahasiswa KKN Internasional Brunei UIN IB pakai untuk latihanĀ  dan mencoba bagaimana cara memainkan alat music tersebut.

Tidak terasa waktu menunjukan jam 11:30 dimana pihak pusat bahagia menuntun mahasiswa KKN Internasional Brunei UIN IB dan mahasiswa UINSA untuk beristirahat, makan, dan Alhamdulillah ternyata pihak pusat bahagia telah menyediakan makan siang yang bertempat di dapur umum pusat bahagia brunei muara.  mahasiswa memanfaatkan waktu makan siang  dan juga tidak lupa untuk sholat Dzuhur dan dilanjut dengan bermain alat music sebelum lanjut pelajaran selanjutnya di jam 14:00.

Saat memainkan salah satu music yang ada yaitu dram pihak pusat bahagia brunei muara sangat kagum dengan salah satu dari kami KKN Internasionala Brunei UIN IB Padang yang bisa memainkan dram dengan sangat bagus dan keren. Apalagi yang memainkan itu seorang perempuan yang menambah kebanggaan dari mahasiswa UIN IB Padang.

Pas di pukul 14:00 mahasiswa mulai berkumpul untuk melanjutkan pembelajaran yang kali ini  belajar ngetik untuk orang yang tuna netra dengan menggunaka mesin ketik khusus untuk tuna netra. Disini kami diperkenalkan bagaimana angka dan huruf yang akan di dibuat dengan mesin ketik ini, mahasiswa juga di suruh ngetik nama berdasarkan abjad yang sudah di pelajari.

Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā  Tidak terasa waktu berlalu dengan cepat pas di pukul 16:00 mahasiswa KKN pun mensudahi pembelajaran dengan melakukan foto bersama ceggu dan juga bergabung dengan Mahasiswa UINSA Surabaya. Dan tidak lupa mahasiswa KK Internasional Brunei UIN IB minta maaf dan bertrimakasih kepada pihak pusat bahagia yang telah bersedia menerima Ā dengan baik dan berbagi ilmu yang sangat bermanfaat yang belum pernah temukan sebelumnya.

Setah foto bersama Mahasiswa pamit pulang ke asrama UNISSA dengan menggunakan BUS Sewa yang sudah menjemput, sesampai di asrama mahasiswa berpencer kekamar masing masing untuk bersih bersih dan istirahat sebentar dikarnakan pada jam 08:00 malam mahasiswa kkn Brunei UIN IB  juga ada agenda pertemuan dengan PPI (Perhimpunan Pelajar Indobnesia) yang ada di brunei jadi sebelum jam 08:00 mahasiswa manfaatkan waktu untuk beristirahat sebentar karena mahasiswa kkn Brunei UIN IB  sampai ke UNISSA dari pusat bahagia tepat pada pukul 17:20.

Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā  Tepat pada pukul 20:00 Mahasiswa KKN Internasional Brunei UIN IB segera bergegas untuk berangkat untuk mengunjungi undanganĀ  dari PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) merupakan pemuda pemudi Indonesia yang mendapatkan kesempatan beasiswa S1,S2,dan S3 di Brunei. Pada saat pertemuan antar mahasiswa KKN Internasional Brunei UIN IB Padang bersama PPI mereka menyambut dengan sebuah hidangan makan malam dan juga dilanjut diskusi mengenai PPI. Yang mana salah satu dari pengurus PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) menjelaskan bahwa ā€œPPI merupakan sebuah organisasi perhimpunan untuk semua pelajar Indonesia yang ada di Brunei dan bagi teman teman yang ingin mencari informasi beasiswa S1,S2 dan S3 boleh bertanya melalui Telegram kami ataupun instagram kamiā€ (Ujar ketua PPI) dan terakhir penutupan beserta foto bersama. Itulah kegiatan Mahasiswa KKN Internasional Brunei UIN IB Ā pada hari ini, sekian laporan dari kami dan trimakasih.

Author: Loli Putri Dayana Sinaga

About Author